Jumat, 21 November 2014

TUGAS 6


Pengantar Bisnis 


  • Mengapa manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan ?
umumnya orang beranggapan bahwa manajemen pemasaran berkaiatan dengan upaya pencarian pelanggan dalam jumlah besar untuk menjual produk yang telah dihasilkan oleh perusahaan. tetapi pandangan ini terlalu sempit, karena biasanya suatu organisasi (perusahaan) akan menghadapi kondisi permintaan produk yang tingkatnya berbeda-beda. pada suatu saat mungkin tidak ada permintaan terhadap produknya. mungkin permintaannya tidak cukup, permintaannya tidak teratur, akan terlalu banyak permintaan.
sehingga manajemen pemasaran harus mencari jalan untuk mengatasi masalah permintaan yang berubah-rubah ini. jadi, manajemen pemasaran tidak saja berkaitan dengan upaya mencari dan meningkatkan permintaan tetapi dapat mengelola permintaan pada saat tertentu. dengan demikian permintaan dapat pula dikatakan bahwa manajemen pemasaran adalah suatu analisis, perencanan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran manfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi 
manajemen pemasaran berupaya mempengaruhi tingkat, saat dan karakter permintaan dengan cara yang akan membantu pencapaian tujuan organisasi. karena itu manajemen pemasaran sering juga disebut sebagai manajemen permintaan. 

  • Perbedaan kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran  ? 
      KEBUTUHAN 
Konsep dasar yang melandasi pemasaran adalah kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia adalah pernyataan dari rasa kahilangan, dan manusia mempunyai banyak kebutuhan yang kompleks. Kebutuhan manusia yang kompleks tersebut karena ukan hanya fisik (makanan, pakaian, perumahan dll), tetapi juga rasa aman, aktualisasi diri, sosialisasi, penghargaan, kepemilikan. Semua kebutuhan berasal dari masyarakat konsumen, bila tidak puas consumen akan mencari produk atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan tersebut. 

KEINGINAN 
Bentuk kebutuhan manusia yang dihasilkan oleh budaya dan kepribadian individual dinamakan keinginan. Keinginan digambarkan dalam bentuk obyek yang akan memuaskan kebutuhan mereka atau keinginan adalah hasrat akan penawar kebutuhan yang spesifik. Masyarakat yang semakin berkembang, keinginannya juga semakin luas, tetapi ada keterbatasan dana, waktu, tenaga dan ruang, sehingga dibutuhkan perusahaan yang bisa memuaskan keinginan sekaligus memenuhi kebutuhan manusia dengan menenbus keterbatasan tersebut, paling tidak meminimalisasi keterbatasan sumber daya. Contoh : manusia butuh makan, tetapi keinginan untuk memuaskan lapar tersebut terhgantung dari budayanya dan lingkungan tumbuhnya. Orang Yogya akan memenuhi kebutuhan makannya dengan gudeg, orang Jepang akan memuaskan keinginannya dengan makanan sukayaki dll. 


  • Perbedaan pasar dengan pemasaran ?
Pasar adalah Individu atau kelompok maupun organisasi yang mempunyai kebutuhan, berdaya beli, dan merealisasikan kebutuhan tersebut sebagai permintaan atas barang atau jasa.

Sedangkan, pemasaran adalah proses dimana individu/ kelompok memperoleh apa yang mereka inginkan dengan menyediakan sesuatu kebutuhan, menetapkan harga, mendistribusikan, menawarkan atau mempromosikan dengan mempertukarkan produk serta jasa yang bernilai agar memuaskan pihak lain (konsumen) dan mencapai tujuan individu/ kelompok tersebut.


  • Sebutkan dan jelaskan yang dimaksud Bauran Pemasaran ( Marketing Mix)
Bauran pemasaran adalah kelompok kiat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam pasar sasaran. Sedangkan Jerome Mc-Carthy dalam Fandy Tjiptono (2004) merumuskan bauran pemasaran menjadi 4 P (Product, Price, Promotion dan Place).

Product (Produk).
Merupakan bentuk penawaran organisasi jasa yang ditujukan untuk mencapai tujuan melalui pemuasan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Produk disini bisa berupa apa saja (baik yang berwujud fisik maupun tidak) yang dapat ditawarkan kepada pelanggan potensial untuk.memenuhi kebutuhan dan keinginan tertentu. Produk merupakan semua yang ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, diperoleh dan digunakan atau dikonsumsi untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan yang berupa fisik, jasa, orang, organisasi dan ide.
Price (Harga)
Bauran harga berkenaan dcngan kebijakan strategis dan taktis seperti tingkat harga, struktur diskon, syarat pembayaran dan tingkat diskriminasi harga diantara berbagai kelompok pelanggan. Harga menggambarkan besarnya rupiah yang harus dikeluarkan seorang konsumen untuk memperoleh satu buah produk dan hendaknya harga akan dapat terjangkau oleh konsumen.
Promotion (Promosi)
Bauran promosi meliputi berbagai metode, yaitu Iklan, Promosi Penjualan, Penjualan Tatap Muka dan Hubungan Masyarakat. Menggambarkan berbagai macam cara yang ditempuh perusahaan dalam rangka menjual produk ke konsumen.
Saluran Distribusi (Place)
Merupakan keputusan distribusi menyangkut kemudahan akses terhadap jasa bagi para pelanggan. Tempat dimana produk tersedia dalam sejumlah saluran distribusi dan outlet yang memungkinkan konsumen dapat dengan mudah memperoleh suatu produk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar