Jumat, 21 November 2014

TUGAS 5

Pengantar Bisnis 

1. Apa alasan saya memilih akuntansi ?
karena saya lulusan smk jurusan akuntansi maka dari itu saya ingin melanjutkan dan mendalami ilmu akuntansi yang saya pelajari. selain itu saya pun berfikir bahwa jurusan akuntansi memiliki prospek pekerjaan yang bagus, terbukti dari banyaknya perusahaan yang mencari seorang akuntan. dan alasan yang terakhir karena saya ingin menjadi seorang akuntan.

Untuk harapan kedepan setelah memilih jurusan akuntansi, saya berharap setelah saya lulus dengan gelar sarjana ekonomi jurusan akuntansi, saya dapat memahami ilmu akuntansi dengan baik sehingga saya mendapatkan pekerjaan yang baik pula. dan dapat mengelola keuangan perusahaan sendiri apabila saya menjadi seorang wirausaha. amin :)


2. Jenis-jenis bidang akuntansi ?
  • Akuntan Publik ( public accountant ) adalah akuntan swasta yang menyediakan jasa pemeriksaan terhadap laporan keuangan serta memberikan jasa kepada pihak yang memerlukan. tugas-tugas akuntan publik yaitu :
  1.  melakukan pemeriksaan ( auditing ) 
  2. memberikan jasa perpajakan ( tax service ) 
  3. memberikan jasa konsultan manajemen (management advisory service) 
  • Akuntan Intern ( private accountant ) adalah akuntan yang bekerja disebuah perusahaan dan menjadi bagian dari perusahaan. tugas-tugas akuntan intern :
  1. menyusun sistem akuntansi
  2. menyusun laporan keuangan yang ditunjuk untuk kepentingan pihak internal dan eksternal 
  3. menyusun anggaran 
  4. menangani masalah perpajakan 
  5. melakukan pemeriksaan intern 
  • Akuntan Pemerintah ( government accountant ) adalah akuntan yang bekerja pada badan pemerintahan, peruahaan negara, bank pemerintah, direktoral jendral pajak dan derektoralpengawasan keuangan negara.
  • Akuntan Pendidikan adalah akuntan yang bertugas dalam pendidikan akuntansi yaitu:
  1. mengajar 
  2. menyusun kurikulum 
  3. dan melakukan penelitian dibidang akuntansi 
3. Pengertian dan syarat laporan keuangan ?
Laporan keuangan merupakan laporan tertulis yang memberikan informasi kuantitatif tentang posisi keuangan dan perubahan-perubahannya, serta hasil yang dicapai selama periode tertentu. Laporan keuangan dapat dijadikan media yang dapat dipakai untuk meneliti kondisi kesehatan perusahaan, dimana laporan keuangan tersebut terdiri dari neraca, perhitungan rugi laba, ikhtisar laba ditahan dan laporan posisi keuangan.

SYARAT-SYARAT LAPORAN KEUANGAN :

Syarat laporan keuangan laporan yang baik harus memenuhi kriteria sebagai berikut
  1. Relevan artinya bahwa informasi yang dijadikan harus ada hubungan dengan pihak-pihak yang memerlukan untuk mengambil keputusan.
  2. Dapat dimengerti artinya bahwa laporan keuangan yang disusun berdasarkan secara jelas dan mudah difahami oleh para pemakainya.
  3. Daya uji artinya bahwa laporan keuangan yang disusun berdasarkan konsep-konsep dasar akuntansidan prinsip-prinsip akuntansi yang dianut, sehingga dapat diuji kebenarannya oleh pihak lain.
  4. Netral artinya bahwa laporan keuangan yang disajikan bersifat umum, objektif dan tidak memihak pada kepentingan pemakai tertentu.
  5. Tepat waktu artinya bahwa laporan keuangan harus di sajikan tepat pada waktunya .
  6. Daya banding artinya bahwa perbandingan laporan keuangan dapat diadakan baik antara laporan perusahaan dalam tahun tertentu dengan tahun sebelumnya atau laporan keuangan perusahaan tertentu dengan perusahaan lain pada tahun yang sama.
  7. Lengkap artinya bahwa laporan keuangan yang disusun harus memenuhi syarat-syarat tersebut diatas dan tidak menyesatkan pembaca.

                                                                                                                                                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar