Jumat, 19 Desember 2014

PKTI 1a - Penggunaan Data & Informasi

Pengertian Data & Informasi 
Data : Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti “sesuatu yang diberikan”. Data dapat diartikan sebagai fakta-fakta baik berupa angka, teks, dokumen, gambar, bagan, suara, yang mewakili deskripsi verbal atau kode tertentu dan semacamnya.
Contohnya : NPM, Nama, Kelas 
Informasi : Data yang telah disusun sedemikian rupa sehingga bermakna dan bermanfaat karena dapat dikomunikasikan kepada sesorang yang akan menggunakannya untuk membuat keputusan. 
Contohnya : NPM saya 1147856

Siklus Pengolahan Data

Pengolahan data : Suatu proses yang menerima data sebagai masukan (input), lalu diproses oleh program tertentu, dimana hasil dari pengolahan data tersebut dikeluarkan dalam bentuk informasi (output).
Sistem Komputer 
Sistem komputer terbagi menjadi 3 elemen , yaitu :
  1. Hardware ( perangkat keras )
  2. Software ( perangkat lunak )
  3. Brainware ( manusia )

1) Hardware
Yaitu : Perangkat keras/ komponen computer secara fisik
A. Input Hardware
Perangkat masukan berfungsi mengumpulkan data dan mengkonversinya melalui proses komputer. Alat Masukan adalah alat yang digunakan untuk menerima masukan yang dapat berupa masukan data maupun program
B. Proses
Berfungsi Mengendalikan Operasi Komputer didalam pemprosesan data,meghitung,operasi logic dan mengirim data dengan membaca instruksi dan memori dan mengeksekusi .
Komponen alat pemroses :
  • CPU ( Central Processing Unit ) : merupakan otak komputer , dan memiliki dua fungsi operasional,yaitu : ALU ( Arithmetical Logical Unit ) sebagai pusat pengolahan data,dan CU ( Control Unit ) sebagai pengontrol kerja komputer .
  • Main Memory disebut juga RAM , Internal Memory , Primary storage , Memori berfungsi menyimpan data atau program. Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu :
C. Output Hardware
Hasil keluaran dari proses hardware 




2) Software
Program-program yang diperlukan untuk menjalankan perangkat keras. Jenisnya :
A. Language Software
Adalah : Program yang merupakan bahasa untuk membuat instruksi-instruksi ke computer, antara lain :
• Assembler
• Interpreter
• Compiler
Contoh : COBOL, BASIC, PASCAL, C.
B. Application Software
Adalah : Program yang diterapkan pada suatu aplikasi tertentu dapat berupa package software/ program paket ( program yang sudah jadi dan siap digunakan / program yang dibuat sendiri ).
Contoh : Payroll, General Ledger, Absensi.
C. Operating sistem
Adalah : Program yang mengatur semua kegiatan system komputer.
Contoh : DOS, Unix, OS/2.
3) Brainware
Brainware Komputer adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputer maupun software komputer.
Berdasarkan tingkat pemanfaatannya, brainware komputer dibagi 4:
  • System Analyst
System Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. System Analyst juga memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem.
  • Programmer
Programmer adalah seseorang yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang
  •  Administrator
Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer.
  •  Operator
Operator adalah pengguna biasa yang hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada atau istilahnya dia hanya menggunakan apilkasi-aplikasi tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar